Home / Berita / ARQRU Siap Bantu Mitigasi Konflik Satwa di Riau
Dengan bantuan meriam karbit, tim ARQRU menghalau gajah ke dalam kawasan TNTN. Foto YTNTN
Dengan bantuan meriam karbit, tim ARQRU menghalau gajah ke dalam kawasan TNTN. Foto YTNTN

ARQRU Siap Bantu Mitigasi Konflik Satwa di Riau

PEKANBARU – Animal Rescue Quick Response Unit (ARQRU) salah satu unit yang dimiliki Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo (YTNTN) siap membantu masyarakat menangani konflik satwa dengan manusia. Tim mitigasi konflik ini akan bergerak cepat bila ada laporan yang masuk melalui call centre atau pesan media sosial.

“ARQRU yang mulai resmi beroperasi pada awal Januari 2018 sudah melakukan mitigasi konflik lebih dari 10 kali di seluruh wilayah Riau. Tim ini terdiri dari mahout Flying Squad Gondai dan staf YTNTN yang memiliki keterampilan mitigasi konflik satwa,” kata Direktur YTNTN, Yuliantony, Kamis (29/3/2018) di ruang kerjanya.

Sebagian besar mitigasi yang dilakukan, lanjut Yuliantony, menggiring gajah liar dari kebun masyarakat masuk ke dalam kawasan hutan. “Tidak hanya melakukan penggiringan, tim ARQRU juga mensosialisasikan kepada masyarakat bagaimana menangani konflik dengan satwa. Dengan demikian, masyarakat mengetahui apa yang harus dilakukan bila ada satwa liar masuk kampung atau kebun mereka,” jelas Tony.

ARQRU tidak bekerja sendiri dalam melakukan mitigasi konflik satwa. Koordinasi dengan sejumlah lembaga baik pemerintah, swasta dan NGO selalu dilakukan untuk keberhasilan mitigasi. “Masyarakat bisa menghubungi Call Centre ARQRU bila membutuhkan bantuan penanganan satwa liar di nomor 0811 7674 111,” tandas Yuliantony. (ytntn)

Check Also

IMG-ttd RKT

RPP dan RKT Tahun Ini Telah Disepakati

PANGKALAN KERINCI – Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo (YTNTN) dan Balai Taman Nasional Tesso Nilo …