Home / Berita / Kelompok Perbani Dapat Bantuan 23 Stup Lebah Madu Trigona SP
IMG-20180308-WA0003

Kelompok Perbani Dapat Bantuan 23 Stup Lebah Madu Trigona SP

PEKANBARU – Kelompok Perempuan Batang Nilo (Perbani) kembali menerima bantuan untuk meningkatkan ekonomi keluarga. Kali ini 23 stup lebah madu Trigona sp untuk dibudidayakan sebagai salah satu hasil hutan bukan kayu. Budidaya lebah madu memiliki nilai ekonomi tinggi karena permintaan pasar yang juga tinggi.

“Dua minggu lalu kita telah memberikan 23 stup lebah Trigona sp kepada Perbani Desa Lubuk Kembang Bunga Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau. Sebelumnya Perbani sudah melakukan uji coba 2 stup. Karena kami nilai berhasil, melalui dana program ICCTF, kita memberi bantuan 23 stup lagi,” kata Direktur Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo, Yuliantony, belum lama ini.

Dijelaskannya, madu memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan dan kecantikan. Permintaan pasar terhadap madu alam juga cukup tinggi. “Dipilih lebah madu Trigona sp karena lebah ini lebih kecil, tidak memiliki sengat dan tidak hanya menghasilkan madu, tetapi juga propolis yang memiliki nilai ekonomi cukup tinggi,” tambah Yuliantony.

“Dari dua stup yang sebelumnya diberikan sebagai uji coba, kesehatan koloni lebah tersebut cukup baik. Kami optimis Perbani bisa melakukan budidaya lebah ini dengan baik. Dengan demikian, budidaya lebah madu Trigona sp ini bisa memberi nilai tambah bagi perekonomian keluarga seperti harapan kami,” tandas Tony. (ytntn)

Check Also

Penanaman dilakukan oleh Masyarakat Mitra Polhut (MMP). Mereka juga yang akan memantau tanaman tersebut hingga tumbuh dengan baik. (Foto YTNTN)

Pengayaan Habitat di Koridor Gajah

PEKANBARU – Guna menjaga agar gajah tetap berada di dalam kawasan Taman Nasional tesso Nilo …