Home / Tentang YTNTN

Tentang YTNTN

PROFIL RINGKAS YTNTN

Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo (YTNTN) adalah Lembaga Kolaborasi yang dibentuk oleh 17 institusi yang peduli terhadap perlindungan Taman Nasional Tesso NIlo (TNTN) dengan tujuan untuk mewujudkan TNTN yang memiliki fungsi optimal yang dikelola secara partisipatif menuju masyarakat sejahtera. Lembaga yang berdiri sejak tahun 2005 ini, pada Tahun 2017 lalu telah menetapkan rencana strategis periode 2017-2022 dengan program pokok :

1. Mendorong pelaksanaan kebijakan yang pro TNTN dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kapasitas para pelaku konservasi di TNTN.
2. Melakukan konservasi khususnya ekosistem Tesso Nilo.
3. Melindungi satwa terancam punah.
4. Mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar TNTN.

Saat ini YTNTN sedang melakukan beberap kegiatan untuk mendukung pencapaian visi tersebut, antaralain : meningkatkan peran masyarakat dalam pengelolaan TNTN, meningkatkan kapasitas kelompok perempuan, organisasi lokal dan otoritas, mendukung pemeliharaan batas TNTN, memfasilitasi patroli perlindungan hutan dan satwa oleh masyarakat, melakukan patroli satwa dan mitigasi KGM, melakukan rehabilitasi lahan terdegradasi dan pengkayaan habitat gajah, mendorong penegakan hukum, melakukan riset populasi dan habitat gajah, mendorong peningkatan ekonomi melalui pemanfaatan HHBK oleh kelompok perempuan dan masyarakat serta membantu mendukung kegiatan ekowisata.
Kegiatan-kegiatan itu mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti TFCA Sumatera, ICCTF, dan PT. Musim Mas. Kegiatan-kegiatan itu tidak hanya dilakukan di sekitar TNTN, juga dilakukan di luar ekosistem Tesso Nilo seperti di SM-Balai Raja-GSK, Minas-Tahura, Tanah Putih-Rohil, Kelayang, Peranap, TN B30, Koto Tengah dan Mahato.