Home / Berita /  YTNTN Bawa Produk Kerajinan Kelompok Perempuan ke Expo AKSIS 2017 di Medan
Handicraf berbahan dasar anyaman pandan ini sedang mencari pasar.
Handicraf berbahan dasar anyaman pandan ini sedang mencari pasar.

 YTNTN Bawa Produk Kerajinan Kelompok Perempuan ke Expo AKSIS 2017 di Medan

 

PEKANBARU – Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo (YTNTN) ikut berpartisipasi memeriahkan expo yang digelar oleh TFCA Sumatera-Yayasan KEHATI di Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara, 20-22 November mendatang. Salah satu produk yang akan diperkenalkan di ajang itu adalah kerajinan anyaman pandan milik kelompok perempuan di Desa Lubuk Kembang Bunga dan Air Hitam.

Dikutip dari laman resmi KEHATI, expo yang mengambil topik utama ‘Aksi Konservasi Hutan Tropis Sumatera’ tersebut digelar untuk mempertemukan para pelaksana program konservasi di 13 lansekap prioritas TFCA Sumatera-Yayasan KEHATI. Selain sebagai ajang mitra untuk saling berbagi pengalaman, saling menginspirasi serta memberikan saran, kegiatan itu juga berfungsi sebagai ajang bisnis, membangun jejaring pasar dan memperkenalkan produk-produk dampingan mereka.

“YTNTN akan memperkenalkan serta memasarkan produk kerajinan anyaman pandan Kelompok Perempuan Batang Nilo dan Air Hitam Berkarya. Karya mereka bagus-bagus dan layak jual. Selain itu, madu milik masyarakat di sekitar kawasan TNTN juga akan kita promosikan di sana. Semoga akan ada kerjasama bisnis yang terbangun dari keikutsertaan kita ini,” kata Direktur Eksekutif YTNTN, Yuliantony, Rabu (15/11/2017).

Produk-produk masyarakat dampingan Konsorsium YTNTN sudah beraneka ragam dan memiliki nilai jual. Untuk mengembangkan hasil kerajinan dan usaha, mereka sangat membutuhkan jaringan pemasaran yang lebih luas. “Ajang ini bisa menjadi sarana promosi untuk mendapatkan jaringan pemasaran baru,” lanjut Tony.

Panitia menargetkan minimal 1.000 orang akan datang mengunjungi ajang tersebut. Tidak hanya dari lembaga mitra TFCA Sumatera-Yayasan KEHATI, tepi juga Kementerian LHK dan UPT di daerah, pemerintah daerah, perguruan tinggi, pelaku usaha kehutanan, eksportir hasil bumi, industri bidang pengolahan hasil bumi, lembaga keuangan/perbankan dan masyarakat.

Expo AKSIS 2017 rencananya akan dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan sekaligus sebagai keynote Speaker pada Forum Dialog Nasional. Ada berbagai rangkaian acara di perhelatan dua hari tersebut. Selain pameran produk dampingan mitra TFCA SUmatera- Yayasan KEHATI juga akan ada talkshow, seminar/workshop, pelatihan launching buku, penanaman pohon, temu bisnis serta berbagai macam lomba yang bisa diikuti oleh pengunjung. (ytntn)

Check Also

Direktur Eksekutif YTNTN, Yuliantoni dan Kepala BTNTN, Supartono berjabatan tangan usai penandatanganan dokumen kerjasama, Kamis (12/10/2017). (Foto YTNTN)

YTNTN Tandatangani Kerjasama dengan BTNTN

PELALAWAN – Dokumen kerjasama antara Yayasan Taman Nasional Tesso Nilo (YTNTN) dengan Balai Taman Nasional …